THINGYAN FESTIVAL / Water festival

Posted: 10/24/2011 in Kalender Event

Sebuah Tradisi di Myanmar yang dilakukan setiap bulan April setiap tahun. Event ini menandai diakhirinya musim panas ke musim dingin. Dalam kegiatan ini masyarakat Myanmar melakukan mudik kampung atau pulang kampung untuk bertemu keluarganya untuk merayakan festival air ini bersama-sama.

festival Air

Water Festival

Dalam pelaksanaannya ,pihak pemerintah myanmar meliburkan kegiatan selama seinggu dalam waktu 3 hari sebagai puncaknya. Selain itu di bebrapa titik di dalam maupun diluar kota,masing-masing menyiapkan tong-tong tempat air untuk digunakan sebagai penyimpan air untuk menyirami siapa saja yang melewati jalan tersebut,kadang – kadang mereka sedikit jahil dengan memasukkan balok-balok es dalam tong tersebut.sehingga dapat dibayangkan bagaimana dinginnya airnya disiramkan ke tubuh dalam cuaca yang panas,wuiih,…!!! Namun dalam pelaksanaannya semua tidak boleh marah karena hari itu memang dianggap sebagai ritual bersih diri untuk menghilangkan dendam dan hal-hal jahat dalam diri manusia untuk kembali menjadi baik kembali,menurut informasi beberapa kolega saya di Indonesian International school Yangoon.

thingyan

water festival @IISY

bunga

Bunga thingyan

sein si daw si tepouk

tari thingyan

Bunga Tingyan yang disebut Bunga Bedoug  ,kemunculannya menjadi pertanda bahwa musim hujan tahun ini akan mendapatkan banyak rejeki. Uniknya bunga ini hanya berbunga setahun sekali bertepatan dengan festival air di bulan April

Selama hari libur itu pula masyarakat yang bersenang-senang melakukan keliling dengan menggunakan mobil masing-masing dan di setiap titik pula mereka harus menerima guyuran air dari masyarakat setempat yang sdh menyiapkan air untuk menyiram tubuh mereka di atas mobil. begitu sampai 3 hari berturut-turut mereka melakukan siram siraman air diberbagai tempat,termasuk di sekolah Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s