UNI MYANMAR KOTA EMAS UMAT BUDHA

Posted: 11/02/2011 in Seni Tradisional
BERJALAN

MORNING VISIT

Negara ini memiliki banyak pusat penyebaran agama Budha . Setiap Sudut di dalam dan luar kota sangat kental dengan nuansa Budhisme. Dan sebuah Bangunan suci yang di sebut dengan SHWE DAGON, adalah sebuah bangunan besar yang menjadi sentral peribadatan Agama budha di Yangon,Uni Myanmar. Sebuah Bangunan peribadatan yang berarsitektur klasik didasari dengan warna emas dan motif-motif ornament yang dipergunakan sangat unik dan hamper menyerupai ukiran jepara di Indonesia namun memiliki perbedaan lengkung yang berbeda sekali dengan Indonesia.

Umat Budha setiap bulan selalu merayakan hari purnama atau Bulan Thedingkyuk dan setiap tahun mereka merayakan bulan purnama besar atau yang dikenal dengan hari Desaungdaey yang jatuh pada setiap bulan November. Dan biasanya mereka melakukan perayaan dengan berdoa bersama di Temple,Vihara dimana mereka melakukan sembahyang,setelah mereka selesai melakukan doa ,mereka akan memukul sebuah lonceng yang disebut dengan Thanchaung, yang berarti bahwa mereka selesai melakukan do’a atau sembahyang.

Setiap Pagi para Biksu dan Biksuni melakukan jalan bersama-sama dalam satu baris mengunjungi setiap rumah dan masyarakat sudah menyiapkan makanan atau kebutuhan pokok untuk di sumbangkan kepada biksu dan biksuni tersebut. Dan masing masing temple memiliki wilayah dan jalan rutin yang setiap hari mereka lalui dengan memmukul sebuah bel yang disebut dengan kyay Si untuk menerima sumbangan dari masyarakat sekitar sebagai bentuk darma mereka terhadap para guru spiritual mereka yang disebut Pounggyi/Biksu  dan Tilaungshie/Biksuni.

Disetiap pohon besar yang berada disudut-sudut jalan dibangun sebuah patung budha dan sebuah tempat air dari tanah yang dipergunakan untuk biksu minum apabila mereka melewati daerah tersebut dan hal ini juga dilakukan disetiap tempat yang dirasa mempunyai kekuatan msitis yang dipercaya terdapat ruh-ruh yang  bersemayam di sekitarnya. Patung budha tersebut dipercaya dapat memberikan penetralan terhadap kekuatan jahat yang ada disekitar wilyah tersebut sehingga dapat memberikan hal positif bagi wilayah sekitarnya.

sesaji pohon

sesaji

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s