JAGAD/ UNIVERSE

Posted: 11/09/2011 in Uncategorized

JAGAD ( musik tari)/The universe( Dance music)

1. Konsep garapan
Sebuah karya tari yang menceritakan tentang konsep dwi karsa dalam kehidupan didunia.Dua hal ini selalu ada dalam kehidupan ,manusia seperti hidup dan mati, kebaikan dan kejahatan, pria dan wanita,bumi dan langit,…dsb.
Kenyataan mendasar tersebut menjadi sebuah ide dasar dalam karya ini. Bahwa dunia Fana ini memiliki dasar kehidupan yang sudah digariskan oleh Tuhan YME sebagai kehidupan yang bermula dari manusia dan alam. Kedua hal ini memiliki hubungan yang sangat erat dan selalu berinteraksi satu sama lain.
2. Bentuk garapan
Karya ini menggunakan dua komponen seni yang sangat berhubungan erat yaitu musik dan tari. Keduanya merupakan sebuah komposisi yang tidak bisa dipisahkan dalam seni dasar pertunjukan. Ditampilkan dalam bentuk musik live.
Dalam karya JAGAD ini,dipergunakan instrumen musik khas Indonesia,seperti: ANGKLUNG,RECORDER,TIFA, BASS DRUM, CYMBAL, BENDE.Diharapkan dari instrumen tersebut dapat dipergunakan meberikan nuansa tegas lembut dan dinamis sehingga dapat menghasilkan suasana yang diharapkan mendukung tarian yang digarap.
The universe menggunakan tyarian dasar dari Myanmar yang merupakan perpaduan tari myanmar dan India yang disebut dengan thein sei YUDEA.Tari ini memiliki keunikan dalam gerakannya yang mengaplikasi kebudayaan dua negara Myanmar dan India. Namun dalam beberapa sisi akan distylisasi sesuai dengan kebutuhan garapan .
3. Pendukung karya
Para penari dan pemusik yang mendukung karya ini diambil dari anak-anak SD dan SMP ,dengan pertimbangan garapan tarian ini merupakan basic dari alam dan manusia sehingga diharapkan keceriaan dan ketulusan wajah-wajah kecil mereka dapat mendukung garapan ini.
Garapan ini didukung oleh 16 anak terbagi menjadi pendukung dua group, Penari : 8 anak, dan pemusik : 8 anak.
Pembagian tersebut dapat berubah sesuai dengan kebutuhan Garapan.
Susunan pendukung garapan tari JAGAD:
Sutradara : Lukman Fauzi
Penata tari : Myat Sandy Aung
Penata musik : Lukman F
Penata Rias dan kostum : Kristiyanti
theresa
Property : Hayung
Aung Tun
Seksi latihan : Sugeng Iswanto
Hpoe si
Seksi transportasi : Maung maung Oo
Seksi Konsumsi : Pyae Hpae Khin 4. Rias dan kostum
Tata Rias untuk garapan ini dipilih sebuah konsep fantasi, sebagai sebuah garapan yang baru dimunculkan diharapkan dapat memberikan nuansa multi persepsi dari orang yang melihat namun intinya hanya dua warna yang dipakai putih dan merah.
Tata Busana yang dipergunakan adalah Multiple efek. Busana yang dipergunakan untuk garapan ini mengg

JAGad

JAGAD

unakan dua dimensi warna yang dipadu dengan hiasan-hiasan warna emas dan sayap.Dengan sebuah harapan dapat memunculkan efek mengembang dari gerak tariannya sehingga mampu memberikan efek besar dalam mendukung tarian.

Untuk pemusiknya dipakai sebuah kostum daerah yang mencerminkan keragaman etnis yang diciptakan manusia di dunia ini sehingga di harapkan dapat memunculkan sebuah kebhinekaan, yang menjadi pedoman bangsa Indonesia dalam memberikan makna persatuan bagi kepentingan bangsa dan negara bagi anak-anak dan juga bagi pergaulan International.

musik Jagad

musik Jagad


5. Properti
Sebagai alat pendukung lain dalam pertunjukkan ini adalah beberapa plastis yang bisa dipakai untuk memberikan efek besar dan tinggi sehingga dapat memberikan nuansa megah .
Alat-alat properti yang dibutuhkan :
Kotak Box : 5 buah
Kain hitam (4mx4m) : 1 buah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s